Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/jspui/handle/123456789/134
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDimas, Abimanyu-
dc.date.accessioned2022-11-07T02:20:21Z-
dc.date.available2022-11-07T02:20:21Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/jspui/handle/123456789/134-
dc.description.abstractPT Shafira Laras Persada merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi busana muslim, khususnya busana muslim wanita. PT Shafira Laras Persada menjalin kerjasama dengan beberapa vendor. Selama melakukan kerja praktek lapangan di PT Shafira Laras Persada, terdapat permasalahan yang timbul, yaitu banyaknya jumlah cacat ukuran yang ditemukan pada produk Zoya Jeans melebihi 2,5 % dari total order yang diamati sebanyak 20.590 pcs, yang mengalami cacat ukuran mencapai 927 pcs. Hal ini disebabkan vendor tidak melakukan proses pemeriksaan kualitas pada saat produksi berjalan. Jika tidak adanya pemeriksaan kualitas oleh vendor, maka akan merugikan pihak perusahaan dan pihak vendor itu sendiri. Kerugian-kerugian tersebut diantaranya kerugian material, waktu, tenaga dan keterlambatan produk untuk sampai ke gudang serta retail-retail yang ada di seluruh Indonesia. Berdasarkan jumlah cacat ukuran tersebut maka dilakukan upaya pengurangan terhadap jumlah cacat, yakni dengan melakukan perbaikan penerapan pada Standard Operating Prosedure ( SOP ) . Upaya yang dilakukan untuk menurunkan jumlah cacat pada produk jadi Zoya Jeans adalah dengan menerapkan Standard Operating Prosedure ( SOP ) dengan benar, yaitu dengan melakukan proses pemeriksaan pada saat produksi berjalan. SOP pada vendor meliputi proses pembuatan original sample, proses vendor selection, proses pembuatan worksheet, proses membuat proto sample, proses pemeriksaan proto sample, proses negosiasi harga, proses membuat job order, proses pemeriksaan kualitas, proses QC akhir, proses pengiriman barang hingga proses mendata barang/produk. Berdasarkan hasil pengamatan dengan penerapan pemeriksaan saat produksi dan perhitungan dari cacat ukuran pada produk Zoya Jeans, diperoleh nilai cacat sebelum penerapan sebesar 927 pcs dan setelah penerapan sebesar 512 pcs atau terjadi penurunan persentase cacat sebesar 55,4 %. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh perbaikan produk penerapan Standard Operating Prosedure ( SOP ) pada vendor yang dapat menurunkan jumlah cacat ukuran yang ditemukan pada produk jadi Zoya Jeans.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.titleUPAYA PERBAIKAN PENERAPAN STANDARD OPERATING PROCEDURE ( SOP ) PADA VENDOR UNTUK MENGURANGI JUMLAH CACAT UKURAN PRODUK ZOYA JEANS DI PT SHAFIRA LARAS PERSADAen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:Produksi Garmen Dan Fashion Desain

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAB I.pdf212.01 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Isi.pdf175.87 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf143.95 kBAdobe PDFView/Open
Intisari.pdf150.28 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.